Mau Bertia Terbaru Liverpool ? Stay Disini !

SELAMAT DATANG LIVERPUDLIAN AND LIVERPUDLIANGEL

Kamis, 14 Juli 2011

Buku panduan sepakbola tertua terjual Rp12,1 miliar


Buku aturan permainan sepakbola ini ditulis tangan pada tahun 1857

Buku peraturan permainan sepakbola tertua di dunia, milik klub sepakbola tertua di dunia Sheffield FC, laku dilelang seharga $881,250 (Rp12,1 miliar).

Buku yang ditulis dengan tangan pada tahun 1857 tersebut diyakini sebagai salah satu instruksi permainan sepakbola paling awal di cabang ini dan dijual sebagai bagian dari arsip klub.

Warna buku itu sudah kekuning-kuningan dan dianggap sebagai "langkah penting" yang membawa evolusi permainan sepakbola modern.

Kesebelas peraturan dalam buku itu mengatakan, dua tim yang berlawanan harus mengenakan topi flanel berwarna merah atau biru tua. Mendorong dan menangkap bola diperbolehkan, tetapi tidak boleh menahan bola.

Buku itu juga berisi berbagai coretan dan perubahan aturan.

Penggalangan dana
Dalam buku instruksi juga terdapat berbagai aturan permainan yang masih digunakan sampai sekarang, seperti tendangan bebas tidak langsung, tendangan sudut dan penggunaan mistar.

Sebuah peraturan lain mengatakan, "Mendorong dengan tangan diperbolehkan tetapi tidak boleh menebas kaki atau menjegal dalam situasi apapun".

Pembelinya tidak membeberkan nama. Buku tersebut dilelang di rumah lelang Sothebys yang menyebutnya sebagai sebuah dokumen sejarah yang penting.

Sheffield FC melelang buku peraturan itu untuk menggalang dana bagi klub tersebut.

Presiden Sheffield FC Richard Tims mengatakan, "Kami gembira atas penjualan satu benda luar biasa dalam sejarah olah raga ini. Hasilnya akan memungkinkan Sheffield FC mengembangkan fasilitas dan menjamin masa depannya sebagai tempat asal sepakbola akar rumput".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar